9 Tips Produktivitas Demi Kesuksesan Kerja.

Kerja keras, atau keberuntungan? Terlepas dari apapun pendapat anda. sebenarnya orang yang paling sukses adalah mereka yang berhasil mengoptimalkan bakat, waktu, dan produktivitas mereka secara keseluruhan. Para pemimpin industri adalah mereka yang mampu memanajemen dan menjawab kesulitan-kesulitan dalam menghadapi permasalahan dan, menciptakan produktivitas optimal. Berikut adalah 12 tips yang bisa anda aplikasikan untuk meningkatkan produktivitas anda.

1. Tentukan target harian.

Rachel Haurwitz, CEO Caribou Biosciences mengatakan, “Ketahuilah tujuan penting apa yang ingin Anda capai setiap hari. Saya membuat daftar sejumlah kecil tugas atau tujuan bernilai tinggi untuk hari itu. ”
Cobalah menyiapkan selembar kertas kosong setiap pagi, sebelum melakukan aktivitas. Tanyakan pada diri anda, “apa yang perlu saya kerjakan hari ini untuk membangun karir saya?” lalu identifikasi tugas-tugas apa saja yang harus dikerjakan dalam hari ini dengan memberikan skala prioritas dari atas ke bawah. Pada saat anda mulai bekerja, centang satu demi satu pekerjaan setiap anda menyelesaikan satu pekerjaan. Simpan daftar ini, sehingga anda dalam melacak kemajuan saat anda mencentangnya.
Menggunakan daftar semacam ini bisa membuat anda tetap berada pada jalur, dan membuat anda tetap termotivasi setiap kali anda bekerja. Disamping itu, hal ini membuat anda tidak kewalahan dengan berbagai macam tugas maupun gagasan yang bermunculan, karena anda telah memiliki skala prioritas.

2. Lakukan hal tersulit dulu.
Anda sudah memulai membuat list, tapi masih kebingungan, sebaiknya manakah yang terlebih dahulu diletakkan pada skala prioritas? Saran kami, mulailah dari yang tersulit terlebih dahulu, di pagi hari, saat anda memulai hari kerja anda. Kenapa? Karena anda memiliki energi tertinggi saat di pagi hari, sehingga anda dapat dengan segera menghandle tugas-tugas berat dengan lebih optimal. Serahkan tugas-tugas yang tidak terlalu memerlukan banyak pikiran untuk setelahnya.

3. Tinjau minggu Anda setiap hari Jumat.
Setelah bekerja keras selama seminggu, maka pada akhir minggu, kepala anda akan terpenuhi dengan berbagai hal yang terjadi. Sisihkan satu hari di akhir minggu, untuk melihat kembali catatan anda, dan refleksikan apa yang telah anda kerjakan selama pada hari-hari aktif anda. Ini akan membantu anda menguraikan benak anda, dan akan membantu anda dalam menjawab 3 pertanyaan:
1. Apakah saya mencapai apa yang ingin saya capai?
2. Apakah saya secara pribadi perlu berada di sana untuk semua yang saya hadiri?
3. Bisakah saya mencapai hal yang sama dalam jangka waktu yang lebih singkat?
Ini adalah taktik yang ampuh untuk menentukan apakah Anda benar-benar mengelola dan menggunakan waktu dengan bijaksana.

4. Tentukan waktu yang paling produktif bagi anda.
Sebagian besar, seperti yang ditampilkan pada tips sebelumnya, memiliki waktu produktif di pagi hari. Namun, ada kalanya seseorang memiliki timing yang berbeda. Kenali waktu tersebut, dan selesaikan apa yang membutuhkan intensitas pikiran anda buat di waktu tersebut, dan delegasikan pekerjaan yang bersifat rutinitas di blok waktu yang lain. Bereksperimenlah hingga anda dapat menemukan waktu yang paling efektif bagi anda.

5. Mulailah dengan hanya 5 menit.
Hal yang paling susah adalah memulai memulai. Dengan segala keraguan dan pikiran yang menghantui, membuat anda tidak dapat bergerak dan memutuskan untuk menunda. Stop. Jangan pikirkan hasil akhir, fokuslah pada proses. Mulailah kerjakan apa yang anda harus kerjakan, 5 menit saja. Dan segera setelah memulai, anda akan menyadari bahwa anda telah bekerja lebih lama, dan satu pekerjaan tanpa sadar telah terselesaikan.

6. Pahami prioritas Anda.
Ini bukan tentang berapa banyak waktu yang sebenarnya Anda miliki – sebaliknya, ini tentang bagaimana Anda memilih untuk menghabiskan waktu itu. Pergeseran pola pikir sederhana ini memberdayakan karena memungkinkan Anda mengendalikan hari Anda. Alih-alih merasa terbebani dan kekurangan waktu untuk melakukan semua yang ada di daftar Anda, kenali prioritas utama Anda dan fokuslah pada itu. Hal lain bisa menunggu.

7. Tetapkan Batasan.
Seringkali, anda telah menciptakan list anda. Namun, orang-orang berdatangan silih berganti menemui anda dengan berbagai macam keperluan, dan notifikasi whatsapp bertumpuk berulang-ulang, membuat anda menjawab satu demi satu panggilan-panggilan tersebut. Tanpa terasa waktu hari sudah menjelang siang, dan anda belum mengerjakan daftar anda. Asam lambung anda naik, stress anda meningkat… anda jadi gila. Batasi diri anda demi menolong diri anda sendiri.
Pastikan untuk menetapkan batasan dengan rekan kerjanya sejak awal. Apakah ada jam-jam tertentu yang ingin Anda blokir untuk tugas Anda sendiri? Adakah jendela waktu di mana orang harus datang kepada Anda untuk bertanya? Menetapkan batasan ini– dan mengkomunikasikannya secara efektif– akan membantu mengelola ekspektasi dan mendapatkan kembali jadwal Anda.

8. Tidurlah.
Bekerja berlebihan justru dapat menghambat kinerja dan menyebabkan kelelahan. Lain kali Anda tergoda untuk begadang dan bekerja dengan otak yang lelah, tidurlah dan ulas kembali tugas tersebut di pagi hari. Meluangkan waktu untuk tidur sebenarnya dapat membantu otak Anda mengisi ulang, meningkatkan kinerja kognitif, dan pada akhirnya meningkatkan efektivitas Anda di tempat kerja.

9. Rencanakan untuk besok.
Merencanakan malam sebelumnya dapat membantu Anda memulai hari dengan mempertimbangkan prioritas dan ekspektasi Anda. Dengan kiat produktivitas berikut, Anda akan dapat mencapai lebih banyak dalam waktu yang sama, mengurangi stres, dan lebih berhasil.
Nah, inilah tips yang bisa kami berikan hari ini. Selamat mencoba!
Disadur dan disunting dari: hive.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

phone sms wa Tambahkan Kontak Whatsapp Kami : 08113111041
EnglishIndonesian